Macam-Macam Masker Diantaranya Masker Fullprint, Cek Yuk

Masker fullprint mempunyai ketebalan yang lebih baik daripada masker scuba maupun buff. Dimana hal tersebut membuatnya lebih efektif dalam memfiltrasi udara di sekitar kita. Sedangkan jika kamu hanya menggunakan masker dari bahan scuba maka bahan yang tipis tersebut bisa ditembus droplet yang sangat mudah.

Bahkan pada beberapa moda transportasi melarang penumpangnya untuk menggunakan masker yang tipis dan ada baiknya memilih yang lebih tebal yaitu masker fullprint dari kain. Dimana kurang lebih efektif menyaring udara hingga 51%, artinya lebih baik dalam fungsinya menyaring partikel kecil.

Lalu selain masker fullprint yang bisa kamu kenakan ada beberapa rekomendari masker dari material lain yang juga bisa kamu gunakan selama melindungi diri dari penularan berbagai virus. Berikut ini kami akan mencoba mengulas beberapa pilihan masker yang bisa kamu kenakan di masa pandemi sekarang ini yang belum kunjung berakhir.

Beragam Masker yang Bisa Kamu Pakai Saat Diluar Ruangan

Masker sekarang ini menjadi kebutuhan utama saat akan keluar rumah yaa, bahkan pada beberapa kondisi disarankan untuk menggunakan masker ketika di rumah. Kemudian masker sendiri juga terbuat dari material yang beragam dengan kemampuan filtrasi yang beragam pula, berikut ini beberapa masker yang bisa kamu pakai selama pandemic berlansung.

  • Masker Fullprint

Protokol kesehatan yang berlaku saat ini adalah kamu wajib untuk memakai masker fullprint berlapis tiga. Hal ini sesuai dengan pernyataan Centers for Disease Control and Prevention yang menyatakan bahwa saat ini mengingat kemungkinan tertular semakin mudah maka ada baiknya memakai masker secara kencang dan berlapis. Memang tidak semuanya harus masker fullprint. Kamu pun bisa mengkombinasikannya dengan masker bedah yaa dalam pemakaiannya.

Di tempat umum penularan virus ini semakin tinggi, maka kamu harus mengusahakan masker yang kamu pakai bisa efektif dalam menyaring partikel kecil. Nah untuk perawatan masker ini ada baiknya masker fullprint yang sudah kamu pakai selalu kamu cuci yaa dan kamu pun harus benar-benar menghindari memegang area wajah ketika sedang berada di luar.

  • Surgical Mask

Masker bedah bisa kamu jadikan lapisan pertama dalam penggunaan masker. Kemampuannya dalam menyaring udara memang lebih baik ketimbang masker fullprint yaitu kisaran 54%. Perlu kamu ingat juga bahwa kamu hanya bisa menggunakan masker jenis ini sekali pakai saja setelah itu kamu harus merusaknya barulah dibuang. Nah masker ini sendiri akan menjaga kamu dari sekresi pernapasan yang mana bisa membuat kamu tertular virus yang ada di sekitar.

Masker bedah sendiri dalam strukturnya terdiri dari tiga lapisan yang mempunyai fungsi berbeda. Lapisan yang paling terakhir/terluar mempunyai sifat anti terhadap air. Kemudian lapisan yang kedua akan membantu menyaring kuman maupun partikel kecil. Sedangkan lapisan yang paling dekat dengan mulut akan berperan dalam penyerapan cairan hasil dari pernapasan maupun mulut kita.

  • Respirator N95

N95 merupakan masker yang terbuat dari material berkualitas yang mampu untuk melakukan penyaringan partikel udara hingga 95%. Jika kamu di rumah memiliki masker ini ada baiknya memang dipakai ketika keluar rumah saja yaa, karena memang desainnya agak kurang nyaman apabila digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Masker ini akan sangat efektif dipakai oleh para tenaga medis karena merekalah yang melakukan kontak langsung dengan pasien Covid. Sehingga droplet dari pasien Covid tidak langsung masuk ke sistem pernapasan kita.

Itulah tadi beberapa masker yang bisa kamu pakai di masa seperti sekarang ini dan jangan pernah keluar rumah tanpa menggunakannya. Selain itu alangkah baiknya menggunakan masker dobel, seperti masker bedah dikombinasikan dengan masker fullprint. Dan tetap jaga imun kita agar tetap stabil dengan mengkonsumsi berbagai macam nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *